d3farmasi

akademik

Sistem Penilaian

Terhadap kegiatan dan kemajuan belajar mahasiswa dilakukan penilaian secara berkala Penilaian adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh tenaga pengajar untuk menilai keberhasilan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dengan alat pengukur kegiatan yang dibuat oleh dosen yang bersangkutan. Penilaian dilakukan menyeluruh dan berkesinambungan terhadap proses dan hasil belajar dengan cara yang sesuai dengan karakteristik program studi bersangkutan sehingga diperoleh informasi yang lengkap. Penilaian dapat berbentuk ujian, pelaksanaan tugas, dan pengamatan oleh dosen. Ujian dapat diselenggarakan melalui ujian Kompetensi Dasar yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah KD tiap mata kuliah.

Sistem Penilaian
Berdasarkan Peraturan Rektor UNS No. 475/J27/PP/2005 tentang Peraturan Sistem Kredit Semester, sistem penilaian yang digunakan adalah Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Normal (PAN). PAP diterapkan bila persentase kelulusan 70% dan PAN bila kurang dari 70%.
Setiap tenaga pengajar wajib memberikan Kuis, Tugas (T),dan melaksanakan Ujian Kompetensi Dasar yang merupakan penjabaran dari Standart Kompetensi (SK). Ujian Kompetensi Dasar (UKD) minimal empat kali untuk tiap mata kuliah persemester
PENILAIAN KEBERHASILAN STUDI
Masa studi bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studinya adalah 3 tahun atau 6 semester dan maksimal 5 tahun atau 10 semester. Dalam masa tersebut diadakan beberapa kali evaluasi untuk menentukan boleh/tidaknya seorang mahasiswa menerukan studinya. Penilaian keberhasilan studi tersebut dilakukan pada akhir tahun pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima.